Nikmatnya Pemandian Bernuansa Alam Di Air Panas Penatahan

Air panas penatahan merupakan salah satu objek pemandian air panas di Bali yang tidak hanya terkenal dengan air panasnya saja, namun juga terdapat panorama alam yang indah, serta disebelah kanan dan kirinya dilatarbelakangi oleh sawah yang berundak-undak. Nikmatnya pemandian bernuansa alam di Air Panas Penatahan ini membuatnya berbeda dengan objek wisata lainnya, tidak hanya sebagai tempat pemandian, namun juga merupakan wisata alam, dimana kita dapat memanjakan mata kita dengan melihat pemandangan yang indah dan asri di sekeliling area objek wisata ini. Luas area air panas ini sekitar 1,5 hektar, jadi cukup luas bagi anda yang ingin menikmati suasana alam disekitarnya.


Dulunya, sumber air disini dijadikan pemandian air panas oleh tentara Jepang saat kependudukan Jepang di Indonesia dulu. Mereka memperlebar sumber air panas dan membangun tempat berendam. Pada tahun 1960-an disekitar mata air dibangun villa-villa mewah untuk turis. Namun karena kekurangan biaya operasional, alias bangkrut, bangunan tersebut terbengkalai. Sekarang keindahan air panas penatahan ini membuatnya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional.

Objek wisata Air panas penatahan terletak di Desa Penatahan yang merupakan desa wisata di Bali, Kecamatan Penebel, sekitar 12,5 km dari Kota Tabanan ke Utara, dan 34 km dari Denpasar, tepatnya berada di tepi sungai Yeh Ho. Jalan yang dilalui untuk mencapa objek wisata ini sangat nyaman, karena jalan yang telah beraspal dengan mulus, dan lagi dekeliligi oleh pepohonan yang sejuk. Objek wisata air panas penatahan ini juga dekat dengan objek wisata lain yang berada di kecamatan penebel, seperti Objek wisata Taman Kupu-Kupu, Desa Sekartaji, dan bila berjalan sedikit lebih jauh lagi, anda akan sampai di Jatiluwih. Jadi setelah anda memanjaan diri di air panas ini, anda dapat berwisata kembali, dengan jarak yang mudah di jangkau. Bagi anda yang ingin menyewa kendaraan, dapat menyewanya di rentcar terdekat seperti Bali Kaisar Rentcar atau Nadi Rentcar. Jika anda ingin mencari penginapan murah, anda dapat menemukannya di Bungalow BMS tidak jauh dari Pemandian.

           Untuk fasilitasnya, Air Panas Penatahan ini juga menjadi satu-satunya pemandian air panas di Bali yang didesain khusus buat spa. Dimana setiap spa dipisahkan oleh pagar bambu dan didalamnya dilengkapi dengan jet dan blower. Pemandian ini juga dilengkapi dengan kolam renang lengkap dengan air terjun dan juga kolam renang buat anak-anak. Disebelah timur tempat parkirnya terdapat pemandian air panas buat umum dimana mandi ditempat itu adalah bebas biaya alias gratis. Dimana sudah menjadi budaya kita untuk saling berbagi, sehingga semua golongan masyarakat dapat menikmati air panas tersebut. Biasanya warga lokal melakukan pemandian disana. Menurut penelitian  (bukan konon lagi) air panas disini mengandung mineral-mineral berguna seperti sulfur, potassium, dan sodium dimana sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Memang sangat bermanfaat, disamping sebagai objek wisata untuk memanjakan diri juga dapat membuat kulit anda bersih dan bebas penyakit. Untuk tarif masuk pemandian adalah Rp 100.000,- untuk wisatawan asing dewasa, dan Rp 50.000,- untuk anak-anaknya. Tarif wisatawan asing dan lokal berbeda. Cukup murah untuk menikmati dan memanjaan diri anda dengan nuansa alam yang yang diberikan di Air panas penatahan ini. Selain itu di Air panas penatahan ini juga sudah tersedia bar dan restoran, jadi bagi anda yang merasa lapar setelah bermain di kolam, atau pemandian, tidak perlu pergi jauh-jauh lagi untuk berkuliner. Restoran disini menyajikan masakan luar dan dalam negeri dari makanan seperti pizza, masakan cina sampe dengan nasi goring dan tentunya semuanya merupakan makanan halal. Aneka minuman juga tersedia dalam harga yang dapat dikatakan ‘murah’.

Komentar