Indahnya Panorama Alam di Pantai kedungu

Selain terkenal dengan sebutan “Seribu Pura”, Bali juga terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Pantai kedungu adalah salah satunya. Pantai ini, merupakan salah satu objek wisata bahari dengan panorama terindah di Bali bagian tengah. Indahnya panorama alam di Pantai Kedungu ini membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lembut. Disamping itu daerah sekitar pantai dapat dikatakan cukup nyaman bagi wisatawan yang ingin berlibur ke daerah pantai. Di sini banyak aktifitas dapat dilakukan, seperti olahraga, tentunya olah raga yang cocok untuk di pantai, misalnya sepak  bola, bola voli, ataupun jogging. Banyak nelayan juga yang memancing ikan disini, karena pantai ini memiliki banyak ikan dengan variasi yang berbeda-beda. Tentunya sebagai pantai, tidak sedikit orang yang bermain surfing di sini.


Sudah menjadi budaya suatu pantai untuk menjadi tempat olah raga surfing, karena keindahan ombaknya. Di banjar kedungu ini terdapat kumpulan remaja-remaja bali yang sudah pandai dalam bersurfing. Jadi kita dapat menonton remaja-remaja di daerah ini melakkukan keahlian bersurfingnya.

            Pantai kedungu terletak di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pura Tanah Lot yang sudah sangat terkenal dimanca negara tersebut, sekitar 2 km perjalanan dari sana untuk mencapai Pantai kedungu. Selain itu Pantai ini juga dekat dengan objek wisata  pantai yang tidak kalah indahnya di Bali, yaitu Pantai Mengening dan Pantai Nyanyi. Dalam perjalanan menuju pantai kedungu anda akan dihadapkan satu panorama sawah disekitarnya. Anda dapat menyewa kendaraan pada rentcar terdekat yang terdapat di Jalan Tanah Lot.

            Setelah sampai di pantai, anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 1.000,- untuk sepeda motor dan Rp 2.000,- untuk mobil, sangat murahkan. Tarif tersebut juga digunakan sebagai donasi untuk membuat pantai kedungu semakin indah lagi. Terlihat perkembangan pantai kedungu sekarang ini sudah mengalami kemajuan yang pesat. Baik dari segi areanya maupun fasilitas yang diberikan.

            Memasuki pantai kedungu anda dapat menikmati (bermain) air pantai dan berenang di sekitar pantai, karena ombak yang berada di pantai ini tidak begitu besar, jadi tidak berbahaya untuk anak-anak bermain air di sekitarnya. Namun penjagaan dari orang tua tetaplah perlu di perhatikan, karena berbagai kemungkinan dapat terjadi. Selain dengan ombaknya yang dapat dikatakan “santai” , wisatawan juga dapat menikmati pemandangan tebing yang memiliki air terjun kecil dan dibawahnya terdapat kumpulan bebatuan besar, air yang turun tersebut berasal dari persawahan yang ada di atasnya. Jangan takut, air yang turun tersebut tidak kotor. Jadi saat melihat tebing tersebut kita dapat menikmati suasana alam, yang jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya. Tempat parkir yang disediakan di Pantai kedungu ini sudah diatur sedemikian rupa, sehingga untuk wisatawan yang berkunjung tidak susah untuk mencari tempat parkir yang sejuk dan nyaman untuk kendaraannya, karena disekitar tempat parkir tersebar pepohanan yang rindang. Untuk mengisi kekosongan perut yang lapar karena letih bermain di pantai, wisatawan dapat membeli makanan halal di warung-warung dan rumah makan yang berjejer di sepanjang tepi pantai. Selain membuat wisatawan tidak perlu jauh-jauh keluar pantai untuk menikmati kuliner, harga yang ditawarkan pun dapat dikatakan murah. Di sini juga telah dibangun beberapa villa sebagai tempat penginapan murah bagi anda yang ingi lebih lama disini.

Bagi anda yang berkunjug kemari, jangan lupa juga untuk membeli kelopon kedungu, karena makanan ini sangat enak dan tentunya merupakan makanan halal. Kelopon adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji yang didalamnya berisi gula bali cair. Memang sangat sederhana, namun rasa yang diberikan sangatlah berkualitas.

Komentar